Selasa, 07 Februari 2012

Adab Dalam Suatu Majlis





Apabila kamu diundang di majlis kaum sedangkan kamu lebih kecil umurnya. Kamu tidak boleh duduk kecuali sudah mendapat idzin dari kaum. Dan apabila kamu duduk tidak boleh berdesakan dengan orang lain dan tidak boleh menduduki tempat duduk orang lain dan jangan sampai duduk di tempat yang lebih terhormat untuk orang-orang tua.
Apabila kamu sedang duduk di suatu tempat kemudian datanglah yang lebih utama untuk duduk, maka tinggalkanlah tempat duduk itu sebelum kamu diperintah untuk meninggalkannnya. Maka akan kelihatan kemuliaanmu di mata orang-orang itu.
Apabila kamu duduk ditengah-tengah kaum jangan ikut nimbrung bicara kecuali kamu bila diajak bicara dan apabila kamu bicara agar dengan pembicaraan yang benar dan berbicara tidak usah panjang-panjang, bicaralah yang penting-penting saja sebab kalau banyak bicara dikhawatikan tergelincir lisanmu.
Hindarilah tertawa terbahak-bahak di dalam majlis karna hal itu termasuk budi pekertinya orang yang rendah dan sedikitkanlah bergurau karena kebanyakan bergurau itu menghilangkan penghormatan orang terhadap kamu.

Karya: Yusuf Maulana
Sumber : Buku-buku Akhlaq, Penjelasan dari Guru Madrasah.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum,
    Tolong di update Bannernya ya, dengan kode html yang dapat di kopas di:
    http://www.facebook.com/setyo.e.wibowo/posts/376065272410377

    Atas nama panitia Lomba Blog Rohis Al-Izzah Samsapati 2012. Kami mohon partisipasinya.

    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More